Gelar Gathering Aktuaris Asuransi Umum & Reasuransi, AAUI Berikan Pemahaman Tentang Implementasi IFRS 17

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menggelar Aktuaris Gathering secara offline pada Selasa, 29 November 2022 di Pusat Pengembangan SDM Asuransi, Gedung Permata Kuningan, Jakarta.

 

Pada acara ini turut hadir Hastanto Sri Margi Widodo Ketua AAUI, Deputi Direktur Statistik dan Informasi IKNB Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Arie Munandar, Direktur Teknik  Indonesia Financial Group (IFG) Rianto Ahmadi, Perwakilan dari Kementerian BUMN Sabar Wicaksono selaku Penata Kelola Perusahaan Negara Madya, Wakil Ketua AAUI Bidang Aktuaria & Permodelan Darmadji beserta pengurus Bidang Aktuaria & Permodelan AAUI, serta dihadiri oleh lebih dari 100 peserta aktuaris dari perusahaan asuransi umum dan reasuransi anggota AAUI.

 

Acara dibuka oleh sambutan dan laporan penyelenggaraan dari Aktuaris Gathering 2022 ini oleh Darmadji selaku Wakil Ketua AAUI pada bidang Aktuaria. Dalam sambutannya Darmadji menyampaikan bahwa peran aktuaris di Industri Asuransi umum ini cukup penting. Sebelumnya banyak orang menafsirkan aktuaris dan underwriter sama, namun pada prakteknya aktuaris lebih berbeda karena harus melakukan penghitungan yang detail terhadap suatu data. Ia menambahkan bahwa aktuaris di industri asuransi umum ini masih langka atau sedikit di industri asuransi, harapannya nanti banyak peran aktuaris dalam proses bisnis asuransi yang semakin maju di tengah perkembangan perekonomian Indonesia seperti saat ini.

 

Pada kesempatan ini, HSM Widodo Ketua AAUI juga menambahkan bahwa nanti kedepan peran para aktuaris di industri asuransi ini akan semakin nampak nyata, karena aktuaris ini nantinya yang akan secara langsung menghitung segala cadangan premi yang dimiliki perusahaan asuransi bahkan hingga pelaporan IFRS 17 kedepannya. Ia menyampaikan bahwa, industri asuransi umum masih perlu banyak SDM yang fokus kepada fungsi aktuaris untuk menunjang proses bisnis perusahaan semakin maju sehingga dapat mendorong industri semakin kuat juga kedepannya.

 

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 13.30 WIB ini diisi dengan pemaparan materi oleh Abdulloh selaku Ketua Bidang Departemen Permodelan Bidang Aktuaria & Permodelan AAUI yang menyampaikan materi tentang Risk Adjustment Model Under IFRS 17 dan juga ada pemaparan materi dari Akademisi Universitas Katolik Parahyangan Bandung Ferry Jaya Permana & Farah Kristiani yang menyampaikan materi tentang Estimasi Tingkat Suku Bunga dengan Metode Stokastik.

 

Diselenggarakannya acara ini juga diharapkan acara ini dapat memberi masukan dan wawasan bagi para aktuaris asuransi umum bahwa ada metode lain sebagai referensi dalam mempersiapkan implementasi IFRS 17.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *