AAUI Kembali Menyelenggarakan Indonesia Rendezvous ke-27 di tahun 2023 Sebagai Forum Pertemuan Bisnis Pelaku Industri Asuransi dari Seluruh Penjuru Dunia di Bali

Bali, 11 Oktober 2023 – Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) kembali menghadirkan
event gathering internasional tahunan untuk industri asuransi Indonesia yang ke 27 kalinya,
yakni “Indonesia Rendezvous” 2023 yang kembali diselenggarakan di Nusa Dua, Bali,
Indonesia. Indonesia Rendezvous sendiri merupakan event tahunan AAUI yang diinisiasi
sebagai forum atau wadah pertemuan bagi pelaku bisnis asuransi di seluruh dunia untuk
saling bertemu dan menjalin kerjasama bisnis baik antara pelaku industri asuransi lokal
maupun internasional ataupun industri jasa keuangan lainnya. Indonesia Rendezvous ke-27
ini kembali menghadirkan hal-hal baru yang tentunya akan menjadi daya tarik lebih bagi
peserta yang akan hadir pada acara ini. Salah satunya adalah penyelenggaraan
Reconnecting Dinner ini yang digelar pada 11 September 2023, bertempat di Gamelan
Ballroom, Sofitel Hotel, Bali. Konsep yang digunakan untuk dinner ini adalah “Beach Party
Dinner” yang mana pada tahun sebelumnya AAUI selalu menghadirkan nuansa dinner
dengan gaya semi-formal di dalam ruangan, sedangkan kali ini AAUI membuat konsep
Welcome Dinner & Reconnecting dengan nuansa lebih santai dengan venue outdoor agar
lebih memberikan keakraban dan kehangatan bagi para peserta Indonesia Rendezvous
2023 untuk lebih mengenal satu sama lain.

27th Indonesia Rendezvous kali menggunakan icon Burung Merak sebagai logo resmi event
Indonesia Rendezvous 2023. Identitas logo Burung Merak sendiri memiliki arti inspirasi
budaya dari berbagai negara yang keindahannya mengagumkan. Selain itu, Burung Merak ini
juga melambangkan proses, perjuangan, serta usaha dan kegigihan yang mana seperti tujuan dari penyelenggaraan event Indonesia Rendezvous sebagai perjuangan dari industri
perasuransian Indonesia untuk terus berproses dengan gigih agar industri asuransi semakin
kuat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sedangkan warna visual yang
mendominasi logo Indonesia Rendezvous kali ini adalah Biru dan Hijau yang mengartikan biru
sebagai lambang loyalitas sedangkan hijau berarti pertumbuhan dan harapan. Harapannya
event ini dapat mendorong terus pertumbuhan industri asuransi yang semakin baik tentunya
bermanfaat banyak bagi ekosistem perasuransian Indonesia.

Di tahun 2023 ini, AAUI mencatat jumlah peserta yang turut berpartisipasi pada acara
Indonesia Rendezvous ke-27 ini sebanyak 641 peserta yang berasal dari 13 negara yang
berbeda di seluruh belahan dunia. Negara-negara tersebut adalah India, Singapura, Malaysia,
Hongkong, Inggris, Korea, China, Bahrain, Uni Emirat Arab, Irlandia, Amerika Serikat, Prancis,
dan tentunya Indonesia.

Acara Reconnecting Dinner Indonesia Rendezvous ke-27 ini dibuka oleh sambutan dari Bapak
Erickson Mangunsong selaku Ketua Bidang Hubungan Internasional AAUI. Dalam
sambutannya ia mengatakan “Kami sangat terdorong melihat daftar peserta yang terus
bertambah setiap tahunnya. Ini artinya adanya peningkatan energi industri asuransi yang kita
cintai ini. Energi ini untuk menjangkau, menghubungkan kembali, berkolaborasi dan bertujuan
untuk yang terbaik”.

Tema yang diangkat pada penyelenggaraan Indonesia Rendezvous kali ini adalah “Changes
Ahead: Regulatory Convergence Toward Market Confidence” yang mana dipilih untuk
memberikan nuansa yang konsisten dalam rangkaian acara “IR” maupun perjalanan industri
ke depan, dan segala upaya yang kita lakukan termasuk yang menjadi permintaan regulator
kepada industri Perasuransian adalah semata untuk memperkuat kepercayaan dari
masyarakat dan khususnya pemegang Polis.

AAUI juga senantiasa ingin menghidupkan budaya hubungan baik diantara pimpinan dan
praktisi Perusahaan Asuransi dengan memberikan waktu dan fasilitas yang lebih baik untuk
terjadinya diskusi-diskusi dan negoisasi selama penyelenggaraan “IR” tahun ini, karena
Asuransi Umum bisa bertumbuh dengan dilandasi prinsip hubungan sangat baik, menjunjung
tinggi kepercayaan serta saling memberikan dukungan dan kapasitas bisnis.

 

Penulis: Humas AAUI