AAUI International Insurance Seminar 2019

Bencana alam tentu merusak. Tidak bisa diprediksi, dan dihalangi. Bencana alam mengambil harta benda, rumah hingga nyawa tanpa peduli usia, jenis kelamin, kaya dan miskin. Meski bencana alam tidak bisa dicegah, bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan. Hal yang bisa dilakukan adalah mengantisipasi dampak dari bencana alam itu, salah satu caranya adalah dengan manajemen risiko bencana melalui asuransi. Untuk mendukung hal tersebut AAUI menggelar 5th AAUI International Insurance Seminar dengan tema “Natural Catastrophe on the Move” yang dihelat di Kempinski Grand Ballroom Hotel Indonesia pada 23 April 2019.

5th AAUI International Insurance Seminar atau biasa disingkat (IIS) adalah agenda rutin tahunan AAUI yang diadakan setiap bulan April, diharapkan dengan adanya seminar ini menjadi ajang bagi para pelaku industri asuransi umum untuk saling berdiskusi dan menjalin hubungan dengan mitra bisnisnya. Kegiatan ini sekaligus memberikan perkembangan terbaru dari industri asuransi umum di Indonesia. Lebih dari 300 peserta hadir pada International Insurance Seminar ke-5 AAUI kali ini.

Ketua AAUI Dadang Sukresna mengatakan, “IIS setiap tahunnya adalah agenda rutin yang sudah ditunggu para pelaku industri asuransi umum, ini menjadi ajang untuk diskusi serta memberikan pandangan bagi pelaku bisnis industri asuransi umum, khususnya pada edisi IIS kali ini akan fokus membahas tentang manajemen risiko bencana alam melalui asuransi”.

Sementara itu Ketua Bidang Hubungan Internasional AAUI Adi Pramana sekaligus yang bertanggung jawab langsung event ini menjelaskan, “kami ingin industri asuransi umum lebih mengambil peranan dalam menyejahterakan masyarakat, mengurangi beban keuangan pemerintah dalam mengatasi bencana, dan lebih memajukan perekonomian bangsa. Oleh karena itulah kami dari asosiasi, didukung penuh oleh pemerintah Indonesia serta para pelaku industri baik dalam dan luar negeri, ingin memberikan pandangan yang seluas-luasnya tentang bagaimana mengelola manajamen risiko bencana melalui asuransi di masa yang akan datang.

Sebagaimana dengan tema tersebut, acara ini bertujuan untuk menjawab apa saja yang bisa dilakukan industri asuransi dalam manajemen risiko bencana alam di masa depan. Untuk memperkuat acara, juga turut menghadirkan para panelis dari dalam dan luar negeri serta tidak hanya dari industri asuransi umum. Panelis tidak hanya dari industri asuransi tetapi dari luar industri asuransi, selain itu juga hadir panelis yang ahli di bidang ekonomi untuk melihat kondisi perekonomian nasional dan membandingkan dengan perekonomian global, serta konsultan, praktisi asuransi dan tentunya regulator di Indonesia. Dua hal yang menjadi topik utama seminar ini yang pertama adalah memastikan kecukupan dari model manajemen risiko bencana alam yang ada saat ini, yang kedua adalah tentang penggunaan tekonologi baru dalam manajemen risiko bencana alam.

Seperti pada IIS sebelumnya, acara dibuka dengan sambutan dari Ketua AAUI, dilanjutkan sambutan dari Otoritas Jasa Keuangan sekaligus membuka secara resmi acara. Pada kesempatan kali ini, Deputi Komisoner IKNB 2 OJK yaitu Muhammad Ichsanuddin dijadwalkan hadir memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

5thAAUI International Insurance Indonesia didukung sepenuhnya oleh PT. Reasuransi Indonesia Utama, PT. Asuransi Bhakti Bhayangkara, PT. Asuransi Astra Buana, PT. Asuransi Eka Lloyd Jaya, PT. Asuransi MSIG Indonesia, PT. Reasuransi Maipark Indonesia, PT. Asuransi Tri Pakarta, PT. Reasuransi Nusantara Makmur, PT. Asuransi Adira Dinamika, PT. Asuransi Kredit Indonesia, PT. Asuransi Wahana Tata, PT. Asuransi Simas Insurtech, dan PT. Graha Teknologi Nusantara

Leave A Comment