Sharing Session mengenai Slice & Dice: Tariff Making Process of Automobile Insurance

Bidang Teknik 3 AAUI yang salah satunya membidangi tentang motor vehicle mengadakan Sharing Session mengenau Slice & Dice: Tariff Making Process of Automobile Insurance, Maipark Ballroom AAAUI, Rabu (4/12/2019)

Sharing session ini fokus membahas bagaimana pengaturan tarif asuransi kendaraaan di Jepang.

Hadir sebagai narasumber dari General Insurance Rating Organization of Japan (GIROJ) Tetsura Takheoka, Kenzi Yamagishi, dan Yoshiki Fukusawa, serta Wayan Pariama sebagai Ketua Bidang Teknik 3 AAUI.

Seperti kita ketahui bersama, asuransi kendaraan adalah lini bisnis yang paling dominan di industri asuransi umum. Berdasarkan data AAUI, premi asuransi kendaraan bermotor pada kuartal ketiga 2019 tercatat sebesar Rp13,91 triliun, tumbuh 1,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp13,76 triliun.

Selama lebih dari dua tahun terakhir, tarif premi asuransi kendaraan tidak mengalami perubahan. Peraturan yang berkaitan dengan tarif asuransi kendaraan terakhir kali ditetapkan dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.6/SEOJK.05/2017 tentang Penentuan Tarif Premium atau Kontribusi untuk Lini Bisnis Asuransi Kendaraan dan Kendaraan Bermotor 2017. Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal 1 April 2017, dan menggantikan ketentuan sebelumnya, yaitu SEOJK No.21/SEOJK.05/2015.

Leave A Comment