Selamat Hari Asuransi 2020, Mari Berasuransi.

Industri asuransi kembali merayakan “Hari Asuransi” pada Minggu 18 Oktober 2020. Hari khusus industri asuransi tahun ini terasa berbeda karena dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Pada momentum ini, industri asuransi ditantang untuk beradaptasi dengan tuntutan bisnis modern, termasuk tren transformasi digital, sebagai respons tuntutan new normal.

Dewan Asuransi Indonesia bersama dengan seluruh asosiasi perasuransian pada press conference yang digelar pada 8 Oktober lalu menghimbau kepada seluruh asosiasi perasuransian untuk mengadakan beberapa kegiatan yang relevan ditengah pandemi Covid-19 yaitu webinar literasi asuransi, Industry Social Responsibility, dan terakhir bulan menulis asuransi.

Selaras dengan hal tersebut, perusahaan asuransi anggota AAUI menggelar kegiatan webinar literasi dan edukasi asuransi serta juga dilakukan oleh AAUI Cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan sasaran peserta dari berbagai komunitas masyarakat mulai dari mahasiwa, UMKM, dan pelajar sekolah. Kegiatan webinar ilterasi dan edukasi asuransi ini berlangsung dari tanggal 1 Oktober hingga akhir 31 Oktober nanti.

Kemudian untuk mendukung kegiatan Industry Social Responsibility yang ditujukan kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19. AAUI pada 12 Oktober lalu baru saja meluncurkan Crowd Donation & Distribution Platform berbasi digital dengan nama “AAUI Peduli Sesama Untuk Indonesia” melalui layanan ini, masyarakat dapat memberikan donasi melalui transfer dana dan e-wallet dan penyaluran donasi tersebut akan ditampilkan secara online dan almost realtime. Melalui aplikasi berbasis Web & Mobile Apps dengan kemampuan untuk menerima donasi menggunakan QR-Code dari berbagai eWallet dan juga donasi konvensional melalui bank transfer, transparansi penerimaan dan penyaluran donasi yang ada dilakukan secara almost-realtime dan dipublikasi secaral online.

Sedangkan untuk mendukung kegiatan bulan menulis asuransi AAUI mengajak para profesional dan para akademisi di industri asuransi untuk bersama-sama menayangkan ide dan pemikiran dalam bentuk tulisan yang memberikan semangat positif dalam menghadapi pandemi covid 19.

Hari Asuransi 2020 mengangkat tema “Mari Berasuransi” dan Sub tema “Aksi Literasi Asuransi Inklusif Untuk Industri Asuransi Yang Maju Dan Modern”. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggambarkan tujuan bersama industri perasuransian dalam meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan untuk mendorong ketersedian akses dan layanan keuangan yang maju dan modern yang bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Walaupun pada saat ini ada berbagai tantangan khususnya saat pandemi Covid-19, industri asuransi nasional masih berpeluang tumbuh, berkembang, dan berkontribusi lebih pada perekonomian Indonesia. Hari Asuransi 2020 dapat menjadi momentum untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa memiliki asuransi itu sangat bermanfaat.

Selamat Hari Asuransi, Mari Berasuransi!

Leave A Comment