OJK rilis 16 POJK selama tahun 2015

Posted in News

OJK RILIS 16 POJK SELAMA TAHUN 2015

 

Disadur dari Kontan, diinformasikan bahwa Sepanjang tahun 2015, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan Peraturan OJK (POJK) sebanyak 16 untuk sektor industri keuangan non bank (IKNB). Aturan ini diyakini telah berkontribusi terhadap pertumbuhan aset IKNB sebesar 5,% dalam kondisi ekonomi sulit.

Tahun ini, OJK juga dipastikan kembali merilis POJK teranyar sektor IKNB dengan harapan dapat membuat bisnis IKNB kian leluasa. Firdaus Djaelani, Kepala Eksekutif Pengawas IKNB belum secara tegas menyebut berapa banyak POJK yang ditargetkan meluncur tahun ini. Namun aturan seperti: pegadaian, dana pensiun, modal ventura, asuransi dan perusahaan pembiayaan, perusahaan penjaminan dipastikan akan keluar.

"Kami sedang siapkan POJK seperti: pegadaian, dana pensiun berikut modal ventura baik yang bergabung dalam perusahaan e-commerce juga," tandas Fridaus.

Adapun 16 aturan POJK yang terbit selama tahun 2015 empat diantaranya pada sektor asuransi dan reasuransi. Antara lain: POJK No 2, POJK No 14, POJK No 23 dan POJK No 28.

Kemudian empat POJK juga berasal dari modal ventura antara lain: POJK No 34, POJK No 35, POJK No 36 , POJK No 37. Kemudian, dua POJK untuk sektor Lembaga Keuangan Mikro yakni POJK No 61 dan POJK No 62. POJK untuk Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor No 40. Satu untuk sektor Dana Pensiun yakni POJK No 3. Sisanya, POJK No 1 tentang penerapan manajemen risiko lembaga jasa keuangan non bank. Kemudian, POJK No 38 pendaftaran dan pengawasan konsultan aktuaria, akuntan publik. POJK No 39 pencegahan pendanaan teroris oleh penyedia jasa keuangan. Terakhir, POJK No 41 tata cara penetapan pengelola statuter lembaga jasa keuangan.