HR Networking 2019: Yogyakarta, 21-23 November 2019

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menggelar acara HR Networking 2019 di Yogyakarta pada 21-23 November 2019. Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang asuransi umum yang merupakan salah satu bagian dari program kerja bidang SDM dan Literasi AAUI.

HR Networking tahun ini mengangkat tema “Working From Home Concept: Advantage or Disadvantage. Setiap tahunnya HR Networking rutin diadakan AAUI dengan tujuan untuk menghasilkan inovasi bagi perkembangan asuransi umum. HR Networking tahun ini diikuti lebih dari 60 peserta yang berasal para staf, manajer HRD dan level diatasnya di perusahaan asuransi umum dan reasuransi anggota AAUI.

Direktur Eksekutif AAUI, Dody Dalimunthe mengatakan bahwa acara sharing ini diharapkan menjadi penggerak untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul di bidang asuransi umum. Kualifikasi kerja nasional di bidang perasuransian sudah terbentuk sebagai tindak lanjut dari standar nasional kompetensi di bidang asuransi. Beliau menambahkan saat ini AAUI dengan anggota 77 perusahaan asuransi dan 6 perusahaan reasuransi maka sangat diperlukan sharing pengalaman dalam penerapan peraturan-peraturan terutama dari OJK, untuk itu kegiatan seperti ini sangat diperlukan di industri asuransi umum.

“sebagai contoh kalau mau menjadi manajer teknik di asuransi harus memiliki kualifikasi tertentu. Ini diatur dalam peraturan OJK. Dan ini merupakan hasil kerja sama OJK, asosiasi, dan kementerian tenaga kerja,” tutur Dody.

Selamat 4 tahun terkahir, AAUI juga mengadakan AAUI Young Manager Award, sebuah ajarang untuk para manajer muda di bawah 40 tahun. AAUI concern di anak-anak muda karena ke depan meraka akan menjadi pemimpin di bidang perasuransian. Ini adalah suatu langkah pengembangan human capital di AAUI.

“Kita surplus demografi. Jangan sampai surplus ini menjadi beban, sehingga AAUI mengelola ini dengan serius untuk mendorong pertumbuhan industri asuransi dengan langsung masuk ke kampus-kampus,” lanjutnya.

pada kesempatan ini turut hadir Ketua OJK DIY, Untung Nugroho. Dalam sambutannya ia menyambut baik terselenggaranya acara ini di Yogyakarta yang istimewa sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. OJK DIY pun siap untuk memfasilitasi terselenggaranya acara-acara dari industri jasa keuangan sehingga manfaat OJK bagi industri lebih terlihat nyata.

“Model penyegaran sumber daya manusia dalam bentuk sharing peraturan seperti ini baru AAUI yang menyelenggarakan di Kantor OJK DIY. AAUI menurut saya adalah salah satu asosiasi yang telah matang dalam organisasi,” tutupnya.

Acara HR Networking ini sendiri tidak hanya diisi dengan kegiatan seminar, pada hari Jum’at (22/11) diadakan kegiatan outbond di Lava Tour Merapi Yogyakarta serta city tour ke Malioboro dan beberapa tempat lainnya.

Leave A Comment