Hari Asuransi 2019 : Sejuta Polis Untuk Negeri

Hari Asuransi 2019 : Sejuta Polis Untuk Negeri

Untuk mendorong peningkatan penetrasi dan literasi asuransi, Dewan Asuransi lndonesia (DAI) bekerja sama dengan seluruh anggota asosiasi asuransi kembali mengelar event tahunan Hari Asuransi 2019 ke-14 di Bali.

Tema tahun ini Mari Berasuransi, adapun sub tema berupa Sejuta Polis untuk Negeri akan berfokus pada edukasi mengenai pentingnya berasuransi untuk perlindungan jangka kepada sebanyak mungkin masyarakat.

Dalam mengarap acara ini, DAI bekerja sama dengan seluruh anggota asosiasi asuransi umum (AAUI), asuransi jiwa (AAJI), asuransi jaminan sosial (AAJSI), asuransi syariah (AASI), pialang asuransi dan reasuransi (APPARINDO) serta penilai kerugian asuransi (APKAI). Hari Asuransi sendiri jatuh pada setiap 18 Oktober.

Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum bagi industri untuk lebih gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Indonesia. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan yang sebelumnya dikenal dengan ‘lnsurance Day’. Mulai tahun ini berubah nama menjadi ‘Hari Asuransi’ agar dapat lebih mudah diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

”Melalui tema tahun ini, kami ingin kembali menjabarkan tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dalam mendorong ketersedian akses dan layanan keuangan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia,” ujar Dadang Sukresna, Ketua Umum DAI di Bali Nusa Dua Center saat jumpa pers dengan media, pada Kamis (17/10).

Tingkat pendidikan, kesadaran dan pendapatan masyarakat masih menjadi tantangan utama dalam berasuransi. Selain itu, kondisi wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan, turut mempengaruhi percepatan penetrasi asuransi kepada masyarakat dan merupakan tantangan tersendiri bagi industri asuransi, agar kegiatan penetrasi tidak hanya berfokus di kota-kota besar saja..

Dalam pelaksanaannya DAI melakukan berbagai kegiatan yang berfokus pada edukasi dan sosialisasi asuransi kepada seluruh lapisan masyarakat, baik untuk kalangan internal maupun eksternal industri perasuransian, salah satunya melalui termasuk pada kegiatan Hari Asuransi ini.

Untuk mensosialisasikan manfaat berasuransi, DAI melaksanakan program literasi asuransi ke kota-kota di seluruh Indonesia sejak bulan September 2019. Dalam kesempatan ini juga kami sampaikan, bahwa pelaksanaan literasi Hari Asuransi 2019 yang dilakukan di 24 kota, telah mendapat pangakuan dari Musium Rekor Indonesia (MURI), sebagai rekor kegiatan “Literasi Asuransi kepada Siswa/i SMA/K dengan Peserta Terbanyak di Indonesia”, dengan jumlah peserta literasi tercatat sebanyak 17.277 orang peserta. Ini tentu bisa terjadi berkat kerjasama antara seluruh para pelaku industri asuransi di tanah. (Boleh kita berikan tepuk tangan)

Selain itu, DAI juga bekerja sama dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam melakukan sosialisasi asuransi kepada para pelaku UMKM dan masyarakat pra sejahtera. Kolaborasi dengan PNM ini berhasil menjangkau sekitar 1.000 di 10 kota. Antara lain di kota Cirebon, Purwakarta, Depok, Bandung, Tegal, Bogor, Jember, Banyuwangi, Cimahi dan Tasikmalaya

Puncak rangkaian kegiatan Hari Asuransi 2019 berlangsung di sisi timur Lapangan Bajra Sandi Renon, Denpasar, pada 20 Oktober 2019 dan akan dikemas dalam bentuk kemeriahan festival. Rangkaian acara diawali dengan kegiatan funwalk yang diikuti oleh lebih 2.000 peserta yang terdiri dari para insan asuransi dan masyarakat Bali, lalu dilanjutkan dengan kemeriahan karnaval, kuliner, atraksi olahraga ekstrem, dan pertunjukan musik yang menampilan Superman is Dead (SID Band) sebagai hiburan utama pada malam harinya sekaligus yang menutup rangkaian acara puncak Hari Asuransi 2019.

Leave A Comment