Pasar Otomotif Membaik, Bisnis Asuransi Kendaraan Bergairah  

  RSS

aaui
 aaui
(@aaui)
Member Admin
Joined: 5 bulan  ago
Posts: 1
04/09/2018 6:31 pm  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Awal tahun 2018 menjadi periode yang cukup manis bagi bisnis asuransi kendaraan. Premi yang didapat pelaku usaha dari lini bisnis ini meningkat cukup signifikan. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat, selama kuartal pertama tahun ini premi dari lini usaha asuransi kendaraan mencapai Rp 4,79 triliun. Jumlah ini meningkat 16,9% ketimbang periode yang sama di tahun 2017.

Direktur Eksekutif AAUI Dody AS Dalimunthe menyebut kenaikan premi dari lini asuransi kendaraan ini tak lepas dari membaiknya pasar otomotif di awal 2018. Berbeda dengan kondisi di awal 2017, saat itu penjualan kendaraan tak bergairah.  "Sehingga perolehan premi dari asuransi kendaraan pun meningkat besar," kata Dody.

Penjualan mobil di kuartal I tahun ini tercatat  291.912 unit, meningkat 2,85% secara year on year (yoy).  Begitu juga penjualan sepeda motor naik 3,99% menjadi 1,45 juta unit pada Maret 2018. Faktor lain yang ikut mempengaruhi adalah semakin banyak pemain asuransi kendaraan yang aktif mencari pasar. Tak hanya kerjasama dengan leasing, juga  menjual lewat channel lain, seperti digital atau agen.

Klaim menyusut

Pertumbuhan premi asuransi kendaraan yang mencapai dua digit berakibat pada rasio klaim dari lini bisnis menurun. Di kuartal I 2017, loss ratio asuransi kendaraan 48,1%. Pada periode sama di 2018, rasio klaim ditekan ke 41%. Penurunan ini sejalan dengan seleksi risiko perusahaan asuransi. "Pelaku usaha asuransi kerugian makin memperhatikan selektivitas dalam akseptasi bisnis mendapatkan hasil underwriting lebih baik," kata Dody.


tes tes liked
ReplyQuote
Share: