BPPDAN Gathering 2019

Badan Pengelola Pusat Data Asuransi Nasional (BPPDAN) menggelar kegiatan BPPDAN Gathering 2019 dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-27 tahun dengan tema Transformasi BPPDAN Untuk Data Asuransi Berkualitas di The Westin Hotel, Jakarta (27/06/2019)

Turut hadir dan memberikan sambutan dari Otoritas Jasa Keuangan, Kepala Departemen Pengawas IKNB 1B OJK Heru Juwanto dan Direktur Eksekutif AAUI Dody Dalimunthe.

Turut hadir sebagai pembicara adalalah Direktur Statistik dan Informasi OJK Asep Suwondo dan DR. Sapto Wahyu Indratno Ketua Kelompok Keilmuan Statistika FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada kesempatan ini, Direktur Teknik Operasi Indonesia Re menyampaikan bahwa dalam dunia statistik, risiko dapat direfleksikan ke dalam pricing. Disinal peran penting dari BPPDAN yaitu dapat menyedikan data yang berkualitas tinggi dalam menentukan Loss Distribution. “BPPDAN merupakan milik industri Asuransi yang berfungsi untuk melayani, membina dan turut memastikan kesehatan industri oleh karena itu BPPDAN bertransformasi untuk dapat memberikan data yang lebih berkualitas”, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPPDAN dan General Reinsurance Treaty Division Head Indonesia Re menjelaskan tentang Risk & Loss Profile BPPDAN tahun 2018 dan pengengalan aplikasi B2B BPPDAN. Aplikasi B2B BPPDAN ini antara lain bertujuan untuk meminimalisir kesalahan data yang akan diproses dengan verifikasi dan cleansing data, mempercepat cleansing data, menstandardisasi pola penulisan data dari ceding company dan meminimalisir humar eror.

Adapun Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Dalimunthe mengatakan keberadaan BPPDAN sebagian pusat pengolahan data yang dianggap sangat penting untuk menyuplai data yang akurat bagi regulator dan perusahaan asuransi.

Leave A Comment