AAUI The Most Inspiring Agent Award 2018”

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) kembali menggelar ajang penganugerahan kepada agen dengan mengusung tema “AAUI The Most Inspiring Agent Award 2018, di Hotel Js Luwansa, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Tabita Endang dari PT Asuransi Wahana Tata sukses menjadi AAUI The Most Inspiring Agent Award 2018 setelah mengalahkan 19 finalis lainnya. Sementara itu diperingkat kedua jatuh kepada Achmad Naufal dari PT Asuransi Wahana Tata, sedangkan diperingkat ketiga diberikan kepada Pua Terpase Mochsen dari PT Jasa Indonesia (Persero).

Penghargaan ini merupakan kali ketiga yang digelar oleh AAUI. Ketua AAUI Dadang Sukresna mengatakan, dengan adanya penghargaan ini diharapkan menarik minat masyarakat untuk menggeluti profesi sebagai agen yang terbilang cukup menjanjikan. Dengan adanya penghargaan ini diharapkan menarik minat masyarakat untuk bergabung menjadi agen asuransi.

Dengan adanya ajang seperti ini pengetahuan masyarakat akan asuransi perlahan akan terus meningkat. Pengharagaan AAUI Agent Award kali ini ajang untuk memilih agen terbaik bukan berdasarkn perolehan preminya selama menjadi agen, namun berdasarkan sepak terjang sebagai agen yang menginspirasi banyak orang yang menjadi perhitungan para juri.

Tujuannya adalah untuk terus mengembangkan keagenan asuransi umum, karena saat ini jumlah keagenan asuransi umum masih terbilang cukup rendah dengan data saat ini total agen asuransi umum yang memiliki sertifikasi berjumlah 34.453 agen, jumlah tersebut sangat kecil bila dibandingkan jumlah keagenan di asuransi jiwa yang sudah mencapai 500 ribu agen. Sehingga, kini AAUI bekerja keras untuk keagenan agar semakin berkembang.

Namun disamping terus menambah jumlah agen, AAUI juga melakukan pendidikan berkelanjutan bagi setiap agen, sebagaimana amanat dari Undang-Undang No.40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian.

Pada gelaran tahun ini, sebanyak 19 peserta dari 13 perusahaan asuransi umum yang menjadi calon AAUI The Most Inspiring Agent Award 2018, nantinya dari ke-19 orang akan dipilih menjadi 6 nominator lalu dipilih satu orang untuk menjadi The Most Inspiring Agent Award 2018.

Ajang ini dimaksudkan untuk meyakini nasabah di tengah minat asuransi yang masih rendah.  Untuk itu AAUI berharap dari acara AAUI Agent Award kali ini, para agen yang menginspirasi bisa berbagi  kepada sesama agen atau juga masyarakat umum sehingga mereka bisa lebih aware.

Dalam acara ini juga AAUI turut memperkenalkan “AAUI e-certification” peluncuran aplikasi ini sengaja dibuat untuk memudahkan para calon agen asuransi umum untuk mendapat sertifikasi keagenan di industri asuransi umum.

Aplikasi sertifikasi agen secara digital ini sudah mulai digunakan pada April 2018. Adanya aplikasi tersebut, AAUI menargetkan tambahan baru agen sekitar 6.000 orang dari total target 10.000 agen pada tahun ini.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe menyampaikan, e-certification sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian dimana OJK memberikan kewenangan kepada asosiasi untuk melakukan sertifikasi agen.

Selama ini AAUI melakukan sertifikasi agen asuransi umum dengan melakukan pertemuan tatap muka dalam bentuk workshop keagenan dan ujian keagenan. Skema ini mengharuskan peserta menyediakan waktu dan tempat khusus untuk mengikuti ujian keagenan.

Melalui e-certification, pelaksanaan ujian agen dapat dilaksanakan sendiri oleh agen di mana pun dan kapanpun melalui aplikasi di smartphone. Dengan demikian, kehadiran aplikasi ini akan memudahkan agen dalam mengikuti ujian sertifikasi agen.

Aplikasi tersebut juga berisi materi-materi yang akan diuji sehingga agen dapat belajar mandiri sebelum ujian. “Jika lulus, kartu sertifikat agennya langsung keluar dalam bentuk digital,” tuturnya. Aplikasi AAU e-certification tersebut dapat digunakan di smartphone berbasis Android maupun iOS. .

Sebanyak 83 perusahaan asuransi umum dan reasuransi yang tergabung dalam keanggotaan AAUI hadir di barisan kursi yang sudah disediakan. Hiburan musik dan sesi motivasi oleh James Gwee menjadi pembuka pada ajang The Most Inspiring Agent Award 2018.

Dalam acara ini juga turut diserahkan penghargaan kepada perusahaan yang paling banyak melakukan sertifikasi keagenan, adapun pemenang dari AAUI Agent Award tahun 2017 adalah Ismail Muchlish dari PT. Asuransi Bumiputera Muda 1967 sebagai AAUI The Most Inspiring Agent 2017, setelah mengalahkan 13 calon lainnya, dan melewati proses tanya jawab dengan dewan juri.

Leave A Comment