AAUI 4th International Insurance Seminar

AAUI Kembali mengadakan acara International Insurance Seminar untuk yang keempat kalinya. Acara International Insurance Seminar sendiri merupakan agenda resmi yang rutin di gelar oleh AAUI. International Insurance Seminar ke-4 digelar pada 26 April 2018 di Ayana MidPlaza Jakarta.

Dengan mengangkat tema “Changing Consumer Behavior  ”. Perkembangan teknologi membuat masyarakat berekspektasi mengenai akses layanan keuangan yang cepat dan praktis. Di satu sisi, ini adalah peluang untuk melebarkan pasar asuransi, tetapi di lain sisi, ada keterbatasan yang tidak kalah serius.

Industri keuangan merupakan salah satu yang sedang mengalami perkembangan pesat dengan adanya perkembangan teknologi, dua lainnya yakni media dan hiburan. Oleh karena itulah, digitalisasi industri asuransi, yang diindikasikan dengan kemunculan asuransi digital atau insurtech, merupakan keniscayaan.

Mengutip data “Digital in 2017: Southeast Asia” dan’ We Are Social dan Hootsuite (2017), dari sekitar 262 juta popuiasi di Indonesia, 50% di antaranya atau sekitar 132,7 juta jiwa adalah pengguna intemet, 106 juta jiwa merupakan pengguna aktif media sosiai, serta 92 juta jiwa merupakan pengguna aktif media sosial melalui aplikasi mobile.

Hal ini memperlihatkan tingginya kebutuhan masyarakat akan infonormasi dan respon real time yang cepat dan tepat, serta keinginan mereka untuk mendapatkan kemudahan akses dan Iayanan dimana pun dan kapanpun.

Ketua Umum AAUI Dadang Sukresna mengatakan fenomena perkembangan teknologi digital saat ini harus disikapi dengan reaktif oleh pelaku industri asuransi umum.

“Teknologi tidak hanya mengubah perilaku individu dalam melakukan kegiatan sehari-hari, namun juga mengubah perilaku pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya,” kata Dadang Sukresna dalam pidato sambutannya, Kamis (26/04/2018)

“Melalui kegiatan ini, AAUI berkomitmen teguh untuk terus mendukung program Iiterasi dan inklusi keuangan dari pemerintah dan OJK, serta mendorong para pelaku industri asuransi umum agar lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi, termasuk dalam hal manajemen risiko yang juga harus terus dikembangkan” tambahnya.

Dalam perhelatan bergengsi ini, Direktur Pengawas BPJS dan Asuransi OJK Achmad Nasrullah memberikan keynote-speech dan sekaligus akan membuka International Insurance Seminar ke-4.

Leave A Comment